INFORMASI MENGENAI HARGA JASA ARSITEK MENURUT IAI

Harga untuk jasa arsitek saat ini memang sudah sangat bervariasi. Mulai dari penawaran harga yang murah dan sampai harga yang mahal. Namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa kebutuhan akan jasa arsitek proyek bangunan hunian yang ada di Indonesia ini masih berada pada level tersier. Yang artinya kurangnya peran yang bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya. Di saat seperti ini juga sudah ada banyak jasa desain interior yang sudah membuka jasa free desain mulai dari 200 ribu sampai 50 ribu per meter. Oleh karena itu ada banyak masyarakat Indonesia yang sangat tereduksi akan profesi ini. karena kemungkinan untuk kebutuhan yang terkait mengenai desain arsitek akan menjadi kebutuhan yang tadinya tersier menjadi primer. Dengan adanya layanan harga jasa arsitek menurut IAI ini sangat berbeda untuk masyarakat yang ada di Indonesia. Dengan begitu ada banyak masyarakat yang masih bingung dalam menentukan pilihan mana yang akan digunakan. Untuk segi biaya tentunya memiliki harga yang berbeda-beda, hal ini juga menjadi faktor pada masyarakat yang enggan untuk menggunakan jasa tersebut. Sebaiknya anda mencari informasi harga sebelum anda memilih jasa arsitek agar tidak salah. Anda bisa mencari informasi dari jasa arsitek menurut IAI yang bisa anda jadikan panutan. 

jasa arsitek

Beberapa Hal Yang Membuat Harga Arsitek Berbeda

Sebelum anda menggunakan jasa arsitek, sebaiknya mari kita ulas terlebih dahulu terkait jasa ini. untuk jasa arsitek ini tidak hanya sekedar soal menggambar skala rumah saja. Namun juga pekerjaan ini sangat membutuhkan proses yang cukup panjang dari konsep rumah sampai bisa menjadi sebuah gambar bangunan. Gambar yang sudah jadi ini hanyalah perjalanan kecil dari sebagian proses dan masih ada banyak perjalanan yang dilalui oleh seorang arsitek. Pekerjaan seorang arsitek tentunya selalu ingin mewujudkan desain yang sesuai dengan keinginan sendiri. Jadi untuk pekerjaan ini tidak mudah dari yang dibayangkan. Karena pembuatan desain memang sedikit rumit, jadi jumlah biaya yang akan dikeluarkan akan sangat banyak. 

Berikut ini adalah beberapa kategori yang sangat berpengaruh pada harga jasa arsitek menurut IAI.

  • Bangunan yang khusus

Untuk segi bangunan tentunya bangunan yang sudah jelas dimiliki. Dengan artian bangunan tersebut sudah digunakan dan juga dibiayai oleh pemerintah. Selain itu juga sudah tercantum dalam pedoman teknis bangunan gedung negara. 

  • Bangunan sosial

Bangunan ini dimaksud sudah memiliki sifat yang komersial dan juga non komersial. Sehingga untuk harga jasa arsiteknya akan disesuaikan dengan bangunan itu sendiri. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa jenis bangunan sosial yang bisa anda ketahui. Seperti bangunan untuk pelayanan masyarakat yang memiliki luas bangunan maksimum 250 meter persegi, panti asuhan, tempat ibadah Gereja dan Masjid dan masih banyak yang lainnya.

  • Bangunan kategori 1

Untuk bangunan kategori ini hanya memiliki karakter bangunan yang sederhana dengan kompleksitas tingkat kesulitan yang rendah. Jadi untuk harga arsitek ini harganya jauh lebih terjangkau. Pada umumnya bangunan ini bisa dirancang dengan mudah karena lahan yang akan digunakan cukup luas. Bangunan ini memiliki beberapa kategori yang pertama adalah hunian yang mirip dengan Asrama dan juga Hostel. Untuk kategori yang kedua bangunan seperti industri atau gedung dan juga bengkel. Dan kategori bangunan yang ketiga ini adalah bangunan yang tidak bertingkat seperti tempat parkir.